8 Cara Membersihkan Lantai Keramik

iclebo indonesia

Lantai dengan jenis keramik sangat umum digunakan di perumahan Indonesia. Selain relatif lebih murah, cara membersihkannya juga lebih mudah.

Lantai keramik bisa dibilang dapat ditemui di berbagai ruangan rumah. Tak hanya sebagai lantai, biasanya keramik juga biasa digunakan pada dinding kamar mandi atau dapur. Alasannya jelas, karena sangat mudah dibersihkan khususnya ketika terkena cairan.

Selain mudah dibersikan, lantai keramik juga tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus. Akan tetapi Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk membersihkan lantai keramik dengan maksimal sehingga tetap berkilau. Tak hanya itu saja, lantai juga harus tetap dijaga agar tidak mudah cepat rusak. Berikut 8 Cara Ampuh Membersihkan dan Merawat Lantai Keramik.

Membersihkan Lantai Keramik
Lantai keramik bisa dibagi menjadi dua jenis dilihat dari permukaannya, yakni yang mengkilap dan tidak. Untuk yang jenis mengkilap memiliki lapisan sehingga lebih mudah dibersihkan dari berbagai cairan. Sedangkan untuk yang berjenis tidak mengkilap, cairan yang tidak tumpah di atasnya dan tidak lekas dibersihkan akan meninggalkan bekas yang sulit dibersihkan. Cara-cara di bawah ini dapat digunakan untuk kedua jenis lantai keramik.

1. Cara membersihkan paling mudah dan efektif adalah menggunakan air keran. Cukup gunakan pel atau lap yang sudah dibasahi.
2. Jika ingin lebih bersih, Anda dapat menggunakan bantuan deterjen. Tambahkan satu sendok makan deterjen ke dalam seember air hangat. Gunakan pel atau lap untuk membersihkan kotoran pada lantai. Terakhir bersihkan lantai dengan air.
3. Cairan pel lantai dapat membersihkan lantai dengan maksimal, tetapi Anda harus tepat dalam menggunakannya. Ketika ingin membersihkan noda kopi atau makanan misalnya, tuangkan cairan pembersih ke noda, lalu diamkan selama 4 sampai 5 menit. Selanjutnya bersihkan dengan spons dan seka dengan air bersih.
4. Jika noda pada lantai cukup membandel dan sulit dibersihkan, gunakan saja cuka. Tambahkan 1-2 tetes cuka pada seember air hangat, lalu gunakan untuk membersihkan noda dengan lap.

Merawat Lantai Keramik
Walau relatif mudah dibersihkan, merawat lantai keramik bisa dibilang gampang-gampang susah. Anda harus menghindari beberapa hal agar tidak menimbulkan kerusakan pada lantai. Beberapa tips di bawah ini dapat menambah umur dari lantai keramik Anda.

1. Lantai keramik harus dibersihkan tiap hari, karena debu dapat terkumpul di sudut pertemuan lantai dengan dinding. Menyapu, menyedot debu dengan vacuum cleaner atau robot vacuum cleaner dapat menjadi solusinya.
2. Setiap tetesan cairan pada lantai keramik harus langsung dibersihkan dengan lap basah agar tidak meninggalkan noda.
3. Sangat penting untuk memberikan alas pada tiap kaki perabotan Anda. Hal ini untuk mencegah lantai tergores jika suatu saat Anda memindahkan perabotan dengan cara mendorongnya.
4. Jangan gunakan cairan pemutih atau amonia untuk membersihkan lantai keramik karena dapat menimbulkan reaksi kimia dan menyebabkan keramik rusak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s