8 Tips Bersih Dari Bulu Hewan Peliharaan

iclebo indonesia

Bulu Binatang Adalah Musuh Utama Kebersihan Rumah

Anda memiliki hewan peliharaan di rumah? Pastinya ada pengalaman tersendiri mengenai kebersihan rumah. Hewan peliharaan yang berbulu seperti kucing, anjing, kelinci dan lainnya pasti dengan mudah meninggalkan bulunya ketika bersinggungan dengan perabotan berbahan kain seperti karpet atau sofa.

Bulu-bulu rontok yang menempel di karpet pasti seringkali terjadi di rumah bukan?  Jika sudah begini pasti Anda sendiri yang capek. Berikut 8 Tips Bersih-Bersih Rumah Bagi Pemilik Hewan Peliharaan yang dapat membantu Anda.

Ajari Hewan untuk Buang Air di Toilet

Ini merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan jika memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Ketika mereka masih kecil, Anda bisa mengajari untuk buang air di toilet. Tak perlu tepat di WC, setidaknya di area toilet karena membersihkannya lebih mudah dibanding jika mereka buang air di karpet ruang tamu.

Batasi Area

Ketika Anda meninggalkan hewan peliharaan sendiri di rumah, Anda bisa memberikan batasan ruangan mana yang tidak boleh dimasuki. Tapi yang lebih baik lagi jangan pernah meninggalkan mereka sendirian di rumah.

Siapkan Waktu untuk Membersihkan Akuarium

Tentunya ini berlaku jika hewan peliharaan Anda adalah ikan. Banyak hal yang harus dilakukan ketika membersihkan akuarium. Karena Anda tidak hanya memindahkan ikan, tetapi juga dekorasi, tanaman, filter dan lainnya. Membersihkan semuanya jelas membutuhkan waktu.

Ganti Karpet

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, karpet merupakan salah satu tempat berkumpulnya berbagai macam kotoran, dan ini termasuk bulu binatang. Pastikan jika Anda memiliki waktu untuk membersihkan karpet secara berkala, karena jika tidak lebih baik Anda tidak menggunakan karpet daripada menumpuk kotoran, yang dapat meningkatkan resiko penyakit yang berhubungan dengan pernafasan.

Hewan yang Bersih Berarti Rumah yang Bersih

Anda harus memandikan hewan peliharaan (anjing misalnya) lebih sering. Jika peliharaan Anda tidak disarankan untuk mandi, bersihkan bagian kaki seperti telapak atau kukunya.

Gunakan Alat Khusus

Untuk membersihkan bulu-bulu binatang peliharaan yang menempel di karpet atau sofa, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner yang memiliki daya sedot tinggi. Alternatifnya gunakan sikat velcro atau sarung tangan latex untuk lebih mudah mengambil bulu dari permukaan karpet. Yang terpenting, langkah bersih-bersih ini sangat penting dilakukan berkala.

Bersihkan Lebih Sering

Dengan bulu binatang yang secara mudah dapat menempel atau rontok dimana-mana dan juga kotorannya, maka aktifitas membersihkan rumah harus menjadi lebih sering. Sisi positifnya, rumah menjadi lebih bersih tiap harinya.

Gunakan Robot Vacuum Cleaner

Robot vacuum cleaner yang baik memiliki daya hisap yang kuat, bahkan bulu binatang pun dapat diambil dengan mudah. Yang lebih lucu lagi, mereka bisa bermain dengan robot vacuum cleaner 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s